Saturday, November 03, 2007

HUTAN TAK MAMPU LAGI PENUHI KEBUTUHAN

808 BATANG PINUS ILLEGAL
KOMPAS
Jawa Barat, 31 Oktober 2007, BAY

Foto: Sobirin, 2007, Potensi Hutan Rakyat Jabar Selatan

Anggota Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) Sobirin mengatakan, pencurian kayu di Jabar belum benar-benar berhenti. Akar masalahnya adalah kemampuan hutan untuk menyediakan kayu yang tidak mencukupi kebutuhan.



Bandung, Kompas - Polisi Hutan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan atau KPH Garut bersama Kepolisian Resor Garut menangkap 10 tersangka pencuri kayu di petak 46f dan 47b. Operasi itu juga mengamankan 808 batang kayu pinus ilegal.

Demikian dikatakan Kepala Humas dan Informasi Perum Perhutani Unit III Jabar-Banten Ronald G Suitela di Bandung, Selasa (30/10). Para tersangka berasal dari Kampung Godogmakam, Desa Lebakagung, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut.

Dua tersangka di antaranya bekerja di Perum Perhutani KPH Garut, masing-masing pegawai Resor Polisi Hutan (RPH) Karang Pawitan dan mandor tanam.

Para tersangka kini berada di tahanan Kepolisian Resor (Polres) Garut untuk penyidikan lebih lanjut. Barang bukti yang diperoleh dari tersangka adalah 808 batang kayu pinus bermacam ukuran dengan volume 15 meter kubik, 2 unit chainsaw, dan 1 gergaji tangan.

Penangkapan bermula dari informasi dari Distrik Militer 0611 Garut tentang dugaan penebangan liar di hutan Karangpawitan. Laporan diteruskan kepada Dinas Kehutanan Kabupaten Garut dan Perum Perhutani KPH Garut.

Berdasarkan pengecekan di lapangan, yaitu petak 46f dan 47b, informasi tersebut benar. Sekitar 20 hektar areal hutan negara rusak ditebangi. Temuan itu ditindaklanjuti dengan pemeriksaan (sweeping) ke rumah-rumah penduduk Kampung Godogmakam.

Ronald mengatakan masih diselidiki kemungkinan para tersangka pernah melakukan pencurian pada waktu-waktu sebelumnya.

Ditinjau dari kasus-kasus yang pernah terjadi, beberapa oknum petugas telah dipecat dengan tidak hormat karena melakukan kesalahan dan menyelewengkan wewenang. Selain dipecat, mereka juga mendekam di penjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Pelanggaran hukum semacam itu terakhir berlangsung lima tahun lalu. Tersangka dihukum penjara tiga tahun. Bila pencurian dilakukan petugas, biasanya tidak dilakukan sendiri, tetapi melibatkan orang lain. Kemampuan hutan

KEMAMPUAN HUTAN JAWA BARAT

Anggota Dewan Pakar Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) Sobirin mengatakan, pencurian kayu di Jabar belum benar-benar berhenti. Akar masalahnya adalah kemampuan hutan untuk menyediakan kayu yang tidak mencukupi kebutuhan.

Kebutuhan industri terkait di Jabar 4-5 juta meter kubik kayu per tahun. Kayu yang dapat disediakan hutan negara dan rakyat masing-masing hanya 250.000 meter kubik dan 1-1,25 juta meter kubik.

"Sementara hutan negara di Jabar seluas 800.000 hektar tidak lebih dari separuhnya dalam kondisi bagus," kata Sobirin.

Hutan negara seyogianya tidak ditebang dulu selama beberapa waktu. Pola hutan rakyat harus dikembangkan karena memiliki prospek, selain untuk merehabilitasi lahan kritis. Restrukturisasi industri perkayuan di Jabar juga dibutuhkan. (bay)

PENCURIAN KAYU DI JAWA BARAT
VID/ LITBANG KOMPAS, GRAFIS: LUHUR, KOMPAS Jawa Barat, 31-10-2007
Sumber: Perum Perhutani Unit III Jabar dan Banten

Setiap tahun rata-rata 12.990 batang pohon dicuri dari hutan Jawa Barat dengan kerugian negara mencapai Rp. 3,9 miliar per tahun. Hingga April 2007, pencurian kayu mencapai 1.275 batang dengan nilai kerugian Rp. 388,34 juta. Pencurian tersebut makin menghancurkan ekosistem hutan di Jabar.

Tahun 2003, dicuri 28.553 batang, kerugian Rp. 8.274,20 juta.
Tahun 2004, dicuri 9.131 batang, kerugian Rp. 2.882,39 juta.
Tahun 2005, dicuri 6.955 batang, kerugian Rp. 2.485,31 juta.
Tahun 2006, dicuri 7.321 batang, kerugian Rp. 1.989,11 juta.
Tahun 2007, dicuri 1.275 batang, kerugian Rp. 388,34 juta (sampai Aprl 2007).

1 comment:

δΊ” said...

World Of Warcraft gold for cheap
wow power leveling,
wow gold,
wow gold,
wow power leveling,
wow power leveling,
world of warcraft power leveling,
wow power leveling,
cheap wow gold,
cheap wow gold,
maternity clothes,
wedding dresses,
jewelry store,
wow gold,
world of warcraft power leveling
World Of Warcraft gold,
ffxi gil,
wow account,
world of warcraft power leveling,
buy wow gold,
wow gold,
Cheap WoW Gold,
wow gold,
Cheap WoW Gold,
wow power leveling
world of warcraft gold,
wow gold,
evening gowns,
wedding gowns,
prom gowns,
bridal gowns,
oil purifier,
wedding dresses,
World Of Warcraft gold
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow power level,
wow power level,
wow power level,
wow power level,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow po,
wow or,
wow po,
world of warcraft gold,
cheap world of warcraft gold,
warcraft gold,
world of warcraft gold,
cheap world of warcraft gold,
warcraft gold,buy cheap World Of Warcraft gold
Maple Story mesos,
MapleStory mesos,
ms mesos,
mesos,
SilkRoad Gold,
SRO Gold,
SilkRoad Online Gold,
eq2 plat,
eq2 gold,
eq2 Platinum,
EverQuest 2 Platinum,
EverQuest 2 gold,
EverQuest 2 plat,
lotro gold,
lotr gold,
Lord of the Rings online Gold,
wow powerleveling,
wow powerleveling,
wow powerleveling,
wow powerleveling,world of warcraft power leveling
ffxi gil,ffxi gil,ffxi gil,ffxi gil,final fantasy xi gil,final fantasy xi gil,final fantasy xi gil,final fantasy xi gil,world of warcraft gold,cheap world of warcraft gold,warcraft gold,world of warcraft gold,cheap world of warcraft gold,warcraft gold,guildwars gold,guildwars gold,guild wars gold,guild wars gold,lotro gold,lotro gold,lotr gold,lotr gold,maplestory mesos,maplestory mesos,maplestory mesos,maplestory mesos, maple story mesos,maple story mesos,maple story mesos,maple story mesos,
n3o6z7na