Wednesday, April 30, 2008

BERAPA JUMLAH IDEAL PENDUDUK JAWA BARAT?

DPKLTS, 1 Mei 2008, Sobirin
Peta: Sobirin dan Tjoek 2007, Provinsi Jabar dan DAS Jabar
Oleh: Sobirin
Menurut BPLHD Jawa Barat (2002), potensi air Jawa Barat di waktu musim hujan 80 milyar m3/tahun, di musim kemarau hanya 8 milyar m3/tahun dengan kualitas buruk karena pencemaran. Musim penghujan menjadi bencana banjir dan longsor. Kemarau menjadi bencana kekeringan yang kerontang.



Menurut BPLHD Jawa Barat (2002), potensi air Jawa Barat di waktu musim hujan 80 milyar m3/tahun, di musim kemarau hanya 8 milyar m3/tahun dengan kualitas buruk karena pencemaran. Musim penghujan berlebihan tidak tertampung menjadi bencana banjir dan longsor. Musim kemarau tidak ada tabungan air, sangat kekurangan menjadi bencana kekeringan yang kerontang.

Mengacu kepada penelitian Dr. Salati (1998) seorang ahli hidrologi yang mendalami hutan Amazon di Brazilia, dikatakan bahwa rata-rata evapotranspirasi lahan dan hutan adalah sekitar 75 persen, maka analogi di Jawa Barat pada musim penghujan terjadi sekitar 60 milyar m3 ter-evapotranspirasi menjadi uap air kembali ke angkasa. Tinggal sekitar 20 milyar m3 air yang tersimpan didaratan menjadi air permukaan dan air tanah.


Penduduk Jawa Barat pada tahun 2008 ini diperkirakan sekitar 40 juta jiwa, belum termasuk makhluk hidup lainnya seperti kehidupan fauna dan floranya. Menurut Pusat Litbang Sumber Daya Air (2006) tentang kebutuhan dasar air manusia, baik untuk keperluan domestik, industri dan irigasi, disebutkan pesimistis sekitar 2.000 m3/orang/tahun, dan optimistik sekitar 5.000 m3/orang/tahun.

Berdasar ketersediaan sumber daya air ini, maka jumlah ideal pendududuk Jawa Barat dengan konsep pesimis hanya 10 juta jiwa, dan bahkan dengan konsep optimis hanya 4 juta jiwa. Padahal sekarang jumlahnya telah mencapai hampir 40 juta jiwa.

Daya dukung lingkungan dan daya tampung lingkungan Jawa Barat telah melampaui batas
Luas Jawa Barat hanya 2% dari total luas Indonesia, potensi air tawar Jawa Barat hanya 2% dari total potensi Indonesia, tetapi jumlah penduduk Jawa Barat 20% dari total penuduk Indonesia

Bagaimana upaya? Harus segera ada political action, educational action, dan cultural action untuk memulihkan kawasan lindung Jawa Barat yang luasnya 45% bahkan lebih dari luas total Jawa Barat.

No comments: