Sunday, October 07, 2007

CALON GUBERNUR: THE BEST AMONG THE WORSTS

Obrolan DPKLTS 04-10-2007, Ambisius Jadi Gubernur?
Foto: Sobirin 2007, Mundur Saja Kalau Tidak Memenuhi Syarat!

Oleh: SOBIRIN

Calon-calon yang berambisi menjadi orang Nomor 1 dan 2 di Jawa Barat, baik yang merasa mampu dan yang jelas-jelas oleh rakyat dianggap tidak mampu, telah mulai bermunculan dan saling menebar pesona mencari massa pendukung.



Bila tidak ada aral melintang, pemilihan secara langsung Gubernur Jawa Barat (periode 2008-2013) akan diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 13 April 2008 yang akan datang. Banyak keinginan rakyat terhadap calon gubernur ini, ada yang berkeinginan calon harus pro pendidikan (Pikiran Rakyat, 27 September 2007), ada yang menginginkan calon harus memprioritaskan lingkungan (Kompas Jawa Barat, 5 Juni 2007 dan 3 Oktober 2007).


Sobirin dalam Kompas Jawa Barat (5 Juni 2007) mengatakan mencari pemimpin yang 100 persen prolingkungan tidak mungkin. Sebab, idealnya seorang pemimpin harus mampu membuat sinergi antar 3P (for people, for profit, for planet). For people untuk kesejahteraan rakyat, for profit untuk kemajuan ekonomi, dan for planet untuk kelestarian lingkungan Tanah Air. Tetapi pemimpin yang tidak menggunakan unsur lingkungan dalam manajemen pemerintahannya dipastikan akan menuai bencana.

Dalam pertemuan anggota Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) tanggal 4 Oktober 2007, yang dihadiri oleh sesepuh Jawa Barat Solihin GP, terungkap beberapa persyaratan yang seharusnya dipenuhi oleh calon gubernur Jawa Barat. Persyaratan-persyaratan ini akan disusun lebih operasional dan akan disiarkan secara resmi oleh DPKLTS. Adapun draft persyaratan ini antara lain memuat hal-hal sebagai berikut:


NYATA-NYATA MENCINTAI DAN DICINTAI RAKYAT JAWA BARAT

Sebagai syarat mutlak yaitu nyata-nyata mencintai rakyat Jawa Barat, dan sebaliknya dikenal dan dicintai oleh rakyat Jawa Barat.

Berperilaku merakyat, memahami dan menyelami langsung kehidupan dan keinginan masyarakat.

Mampu secara cepat menyelesaikan akar masalah kemiskinan masyarakat.

Mampu mengidentifikasi, merencana, merealisasi peningkatan daya beli, pemenuhan pendidikan, kesehatan, dan pemasaran produk-produk masyarakat.

Mampu merealisasikan Jawa Barat sebagai provinsi yang sehat, cerdas, dan sejahtera.


MAMPU SEBAGAI PEMIMPIN YANG SEDERHANA TETAPI DINAMIS

Memiliki ukuran pribadi yang bisa menjadi panutan rakyat, tidak terindikasi cacat moral, tidak dalam urusan yang berwajib karena dugaan korupsi dan kejahatan lainnya.

Berperilaku hidup sederhana dan memiliki sense of crisis baik secara pribadi, keluarga, maupun dalam lingkungan kerjanya.

Mampu berkomunikasi baik kepada jajaran birokrasi maupun kepada kalangan masyarakat luas, dinamis dan tidak gagap teknologi.


MAMPU MEMBANGUN JAWA BARAT BERBASIS KEKUATAN RAKYAT

Mampu memobilisasi potensi kesemestaan fisik dan sistem nilai budaya masyarakat pedesaan sebagai modal utama keberhasilan pembangunan Jawa Barat.

Mampu merealisasikan konsep ketahanan pangan Jawa Barat dalam bentuk mempertahankan lahan sawah abadi dengan konsep mengutamakan tanam padi organik secara seksama, serta konversi keaneka-ragaman jenis pangan.

Mampu mengembangkan ekonomi kerakyatan dan berani menghentikan kegiatan ekonomi berbasis monopolistik, oligopolistik, kapitalistik yang selama ini telah menghilangkan hak dan akses masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alamnya.


MAMPU MEMULIHKAN KERUSAKAN LINGKUNGAN JAWA BARAT

Memahami seluk-beluk karakteristik alam Jawa Barat, baik potensi manfaat maupun potensi ancaman kebencanaannya.

Mampu menjaga keamanan lingkungan hidup Jawa Barat, memberantas penebangan liar, perambahan hutan dan perkebunan, alih fungsi kawasan lindung, penambangan liar, serta mampu melaksanakan penghutanan kembali lahan kritis baik pada tanah negara maupun masyarakat.

Mempunyai program nyata dalam memperbaiki lingkungan Jawa Barat menjadi provinsi yang zero wash load, zero run off, zero waste yang mencakup ketersediaan air yang berkesinambungan, kebersihan udara, dan memulihkan kesuburan tanah dengan memanfaatkan daur bio-massa dengan gerakan kompos dan anti pupuk kimia.

Mampu dengan tegas menolak konsep-konsep pembangunan yang tidak ramah lingkungan yang dapat membahayakan keberlanjutan alam Jawa Barat.

Mampu menggali kearifan lokal dan merealisasikan provinsi Jawa Barat menjadi provinsi konservasi.


MAMPU MEREALISASI REFORMASI BIROKRASI DAN PENEGAKAN HUKUM

Memiliki keberanian dan konsistensi dalam gerakan pentaatan dan penegakan hukum, memberantas korupsi dan kejahatan birokrasi lainnya, serta mampu menjadi contoh rujukan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Memiliki keberanian dan konsepsi reformasi birokrasi menuju “clean and capable government” di semua tingkatan pemerintahan, termasuk perampingan birokrasi agar efektif an efisien.

Mampu mencari terobosan-terobosan dalam rangka merealisasikan otonomi daerah yang sehat dan harmonis dalam rangka menyelamatkan Jawa Barat, karena pada dasarnya Kabupaten/Kota adalah bagian integral dari provinsi.


Anda merasa mampu dan kira-kira memenuhi persyaratan tersebut di atas? Silahkan maju dengan yakin. Tetapi bila merasa tidak mampu dan tidak memenuhi persyaratan di atas, lebih baik mundur, sayang tenaga dan uang anda habis untuk kampanye. Lebih baik berjuang demi bangsa dan negara melalui jalur lain. Sebagai tambahan referensi, ada tulisan sangat bagus oleh Budiarto Shambazy (Kompas, 6 Oktober 2007, Politika, halaman 15), silahkan dibaca.

No comments: